Tips Belanja online agar tidak tertipu

Tips Belanja online agar tidak tertipu

Bagaimana cara berbelanja online agar tidak tertipu? Seperti yang Anda ketahui, belanja online memudahkan pembeli untuk mendapatkan barangnya, namun juga bisa lebih mudah ditipu oleh penjual online yang curang. Berikut cara membeli buku bahasa Jepang secara online dan menghindari penipuan.

Membeli buku bahasa Jepang secara online di marketplace Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli dan Lazada sangat praktis dan bisa lebih murah daripada datang langsung ke toko. Saya membeli beberapa buku bahasa Jepang edisi pertama atau juga edisi kedua.

Tips Belanja online agar tidak tertipu

Tips Belanja online agar tidak tertipu

Namun, ada keuntungan dan kerugian untuk membeli buku Jepang dan produk online lainnya daripada mengunjungi toko secara langsung. Salah satu manfaat belanja online adalah harga murah. Dalam beberapa kasus, pengiriman gratis akan menyenangkan. Kita bisa duduk dan menunggu apa yang dibeli secara online. Namun, ada kalanya kualitas barang tidak selalu sebaik yang kita inginkan, atau barang tersebut mungkin tidak sesuai pesanan.

Untuk menghindari penipuan online oleh penjual nakal, Anda dapat mengikuti beberapa tips dan metode belanja online yang aman untuk menghindari penipuan berikut dan membuat belanja Anda lebih aman dan nyaman.

Selengkapnya:  Jepang Mengalami Inflasi, Daya Beli Barang Tipis

1. Cek review produk belanja online

Anda dapat melihat berapa banyak pembeli, foto yang diulas, atau bintang yang diperiksa oleh pembeli online. Semakin banyak pembeli dan semakin tinggi peringkat bintang, semakin dapat diandalkan penjualnya. Anda dapat dengan aman menerima buku-buku Jepang.

2. Simpan bukti pembayaran barang

Jika Anda berbelanja online, selalu simpan bukti transfer karena dapat digunakan sebagai bukti penipuan dari penjual online. Beberapa orang bahkan melaporkan ke polisi atau bank jika penjual nakal dan kemungkinan bisa mendapatkan uang kembali.

3. Baca deskripsi produk secara detail

Saya pernah mendapatkan produk yang murah dan bagus dari toko online, tetapi saya tidak membacanya, jadi saya menyesal menerimanya. Hal ini karena produk akan kedaluwarsa. Tidak heran jika harga produk ini lebih rendah dari harga standar.

Pertama, baca apakah buku Jepang “Minano Nihongo” sesuai. Terkadang ada salinan berkualitas buruk.

Anda juga bisa membaca deskripsi untuk melihat warna, harga satuan atau harga grosir, dan harga barang yang Anda beli. Bisa jadi tidak cocok dengan judul atau deskripsi.

4. Tanya penjualnya

Jika Anda ingin membeli, silakan periksa deskripsi. Jika demikian, Anda dapat memeriksa dengan penjual apakah barang yang dijual sudah siap. Beberapa penjual membeli dari lokasi lain dan menjual produknya, jadi pastikan untuk menghubungi penjual di  kolom pertanyaan. Dengan cara ini, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang ketersediaan produk Anda.

Selengkapnya:  Berapa Gaji TKI Taiwan? Besar atau Kecil?

5. Periksa paket dengan hati-hati

Jika Anda membeli suatu barang, tunggu saja sampai barang itu tiba. Biasanya tergantung dari jenis barang dan posisi penjual. Semakin dekat pembeli dan penjual, semakin cepat barang dibeli secara online.

Saat Anda menerima item, pastikan untuk membuat video unboxing. Jika barang tidak sesuai dengan pembelian, Anda bisa mengajukan komplain.

Pernah mendapatkan info bahwa paket telah datang dan diterima, tapi ternyata bohong. Pas ditelusuri, ternyata kurirnya memberikan info kurang tepat.

Dan tahukah Anda apa yang terjadi? Ternyata kurir tersebut mengabarkan bahwa barang sudah diterima karena katanya dekat dengan pembeli. Saya kaget karena tidak mungkin seperti itu. Ketika barang diterima oleh pembeli, biasanya foto diambil oleh kurir sebagai bukti bahwa barang telah diterima. Ini adalah kebalikannya. Ha ha ha.

Pengaduan terhadap kurir nakal sebenarnya bisa dilakukan asalkan sesuai, tetapi dapat dilaporkan kecuali jika Anda mengajukan pengaduan yang tidak sesuai dengan situasi di tempat kejadian.

6. Hindari pengiriman uang langsung

Rekening transfer saat ini menggunakan akun bersama. Jika terjadi sesuatu atau hal yang tidak beres, dapat ditransfer langsung ke pembeli lagi.

Selengkapnya:  E-Sport Manula Jepang Berkompetisi

Jika Anda tidak mempercayai penjual, jangan mengirim uang ke penjual karena Anda dapat ditipu secara online.

7. Apakah harga barang tersebut wajar?

Mungkin Anda ingin melihat barang-barang murah dan mahal. Lihat lagi deskripsi atau ratingnya. Jangan tergiur dengan harga murah lho itu hanya tipuan atau palsu.

8. Periksa reputasi penjual

Di bagian review, Anda bisa melihat reputasi penjual dari bintang dan foto yang dikirim oleh pembeli. Dengan memeriksa ini, Anda dapat menghindari penipuan online.

9. Syarat yang berlaku

Untuk menarik pembeli yang ceroboh, beberapa penjual menulis judul yang berlebihan untuk ditulis tanpa mengetahui apa yang sebenarnya dibeli pembeli. Syarat dan ketentuan ini dapat berupa pengiriman gratis. Setelah membaca Ketentuan Penggunaan ini, akan lebih aman dan nyaman untuk membeli produk Anda secara online.

10. Amankan perangkat Anda

Pastikan untuk membeli dari perangkat tepercaya seperti ponsel atau laptop. Jangan menggunakan fasilitas umum untuk membeli barang karena takut perangkat kita akan diretas oleh orang lain. Menggunakan perangkat yang aman membuat transaksi lebih nyaman dan aman.

Kami berharap Anda dapat menghindari penipuan oleh penjual online dengan mengikuti tips berbelanja ini untuk keselamatan Anda.

Artikel ini juga terinspirasi dari artikel Tokopedia terkait 9 tips belanja online agar aman dan terhindar dari penipuan.

Happy Shopping