Pengalaman 2 Minggu memakai Huawei Nova 9 tanpa Google

Pengalaman 2 Minggu memakai Huawei Nova 9 tanpa Google

Bagaimana rasanya menggunakan handphone midrange rasa flagship dari Huawei? Sangat menyenangkan, kecuali ketika berbicara terkait tidak adanya layanan GMS.

Hampir sebagaian besar handphone android saat ini menggunakan layanan GMS yang memudahkan mereka untuk download atau menggunakan aplikasi layanan lain di handphonenya melalui Google Playstore.

Hal ini berbeda dengan handphone Huawei sejak di ban dari Amerika Serikat. Huawei harus berpikir keras dengan menyiapkan berbagai strateginya. Salahsatunya adalah dengan menciptakan ekosistem sendiri dan menjadikan pesaing GMS dengan HMS.

HMS masih belum sebanyak google yang bisa didapatkan dengan mudah di hampir setiap hp. Contoh mudah penggunaan GMS adalah dengan bisa mendownload aplikasi apapun di Google playstore. Saat ini Huawei tidak mempunyai Google Playstore, tapi diganti dengan Huawei app.

Meskipun telah ada Huawei App, tetap saja tidak sekomplit Google Playstore.

Daftar Isi

Pemakaian selama 2 minggu

Selama 2 minggu menggunakan handphone Huawei Nova 9, aku sangat senang sekali. Berselancar di medsos sangat mudah dan lancar.

Gambar yang dihasilkan oleh kameranya luar baisa bening dan sangat tajam, sehingga sangat mumpuni dijadikan sebagai kamera di setiap kesempatan.

Snapdragon yang ada di dalamnya juga tidak main main, bisa digunakan untuk game berat yang dipastikan akan terasa nyaman.

Namun kenyamanan itu harus dibayar dengan beberapa hal yang merepotkan.

Hal yang merepotkan dari Huawei Nova 9

Aplikasi Peduli Lindungi tidak berfungsi

Meskipun data data dan juga sertifikat vaksin muncul pada aplikasi Peduli Lindungi, ketika kita akan check in, tetap tidak masuk.

Menggunakan dua hape (tidak praktis)

Akibat aplikasi Peduli Lindungi tidak bisa digunakan di hape Huawei Nova 9, aku harus bawa dua hape. Padahal ingin multitasking hanya dari satu hape, malah jadi repot.

Khawatir data hilang

Jika pada android data data bisa langsung disync kan secara otomatis di google tanpa takut kehilangan contact, foto, dll, kini aku sedikit khawatir karena tidak bisa langsung syncronize ke google.

Selengkapnya:  5 Cara mendapatkan ide bisnis menurut Arli Kurnia

Jika aku akan menambahkan kontak baru, maka aku akan masuk ke Huawei app contact terlebih dahulu untuk mendownload contact google.

Semua contact di Huawei ada pilihan untuk menyimpan di gmail agar lebih aman kedepannya.

Huawei Cloud

Meskipun ada Huawei cloud, aku kurang nyaman karena diberikan ruang sekitar beberapa giga yang bagiku sangat kecil, berbeda dengan google yang memberikan ruang cloud gratis lebih dari 10 giga.

Gojek tidak bisa digunakan

Bagi aku yang suka makan dengan aplikasi gojek, saat ini tidak bisa digunakan ketika memesan makanan. Dilayar sering tertulis “Gofood isn’t available in your area yet”.

Meskipun tidak bisa digunakan untuk gojek, aku masih bisa membayar dengan gopay dengan mudah tanpa halangan. Cara lainnya adalah aku menggunakan grab.

Jenius bank app tidak befungsi

Meskipun telah masuk berkali kali, aku tetap terpental dan keluar secara oomatis ketika memasuki app jenius bank. Semoga bank jenius bisa bekerja sama dengan Huawei agar bisa menggunakan app dengan lebih nyaman. Bank lain seperti Mandiri dan BNI bisa digunakan, meskipun harus berkali kali masuk. Entah kenapa.

Selengkapnya:  Cara menolak orang yang berhutang

Meskipun banyak kekurangan sana sini, aku tetap suka dengan Huawei karena performanya yang bagus. Semoga app lains seperti GSpace yang bisa dijadikan sebagai pengganti google bisa lebih berfungsi dengan baik.