Tips lulus mengerjakan tes JLPT pasti bisa

Tips lulus mengerjakan tes JLPT pasti bisa

Anda pasti ingin lulus tes bahasa Jepang JLPT bukan? Bagaimana Anda lulus dengan nilai bagus? Ikuti tips ini untuk lulus tes JLPT.

Tips untuk lulus tes JLPT

Apa itu JLPT?

JLPT adalah Japanese Language Proficiency Test atau tes bahasa Jepang untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Jepang Anda. Banyak yang menyebutnya TOEFL bahasa Inggris.

Selengkapnya: Tes bahasa Jepang JLPT

Ada berapa level tes JLPT?

Tes JPLT memiliki total 5 level. Tes JLPT N5, JLPT N4, JLPT N3, JLPT N2 dan JLPT N1. Level terendah adalah JLPT N5. Biasanya banyak siswa yang mengambil JLPT N5 karena mereka baru belajar, sehingga banyak yang mencari tips cara lulus N4, atau lulus JLPT N5.

Orang yang belajar bahasa dari awal biasanya lebih bersemangat lagi karena baru belajar bahasa baru. Dan, biasanya mereka baru belajar bahasa jepang di kursus kursus.

Selengkapnya: Kursus Bahasa Jepang JLC sakura Sakura

Biaya JLPT JLPT?

Biaya JLPT tergantung level yang akan diambil, namun biayanya sekitar Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

N1 : Rp. 220.000
N2 : Rp. 190.000
N3 : Rp. 170.000
N4 : Rp. 130.000
N5 : Rp. 120.000

Manfaat JLPT

Jika Anda akan bekerja untuk perusahaan Jepang, itu akan sangat membantu. Anda akan lebih baik lagi dalam berkomunikasi, dicintai oleh atasan Anda, dapat bepergian dengan mudah dan memiliki gaji yang lebih tinggi daripada yang lain.

Jika ingin lolos JLPT, maka harus punya strategi untuk lolos dan persiapan JLPT harus lebih matang. Seperti buku yang digunakan, kebiasaan dalam belajar diperbaiki, tips choukai agar jelas, mengetahui jumlah soal jlpt, dll. Ingat, kita harus membekali diri dengan JLPT agar ujian bahasa Jepang nanti bisa lancar jaya.

Biar semakin lancar belajar bahasa Jepangnya, Anda bisa belajar di website NHK.

Selengkapnya: Belajar Bahasa Jepang dengan NHK News

Tips lulus tes JLPT adalah sebagai berikut:

1. Belajar huruf katakana, hiragana, dan kanji

Karena soal tes JLPT terdiri dari hiragana, katakana dan kanji, kita perlu mempelajarinya dengan baik. Untuk hiragana dan katakana harus bisa 100% agar tidak mengalami kendala dalam tes JLPT. Adapun kanji tergantung pada tingkat pembelajarannya. Jika kita semakin tinggi dalam mengikuti ujian JLPT, maka jumlah kanji yang harus dipelajari juga harus bertambah. Salah satu cara untuk belajar adalah dengan membaca berita di koran, artikel, web, cerpen, novel, lagu, atau subtitle film.

Selengkapnya: Belajar Bahasa Jepang dari Film Dragon Zakura

2. Perbanyak kosakata

Jika kita ingin lulus JLPT, kita harus memiliki banyak kosakata tentang bahasa Jepang. Semakin banyak kosakata yang Anda ketahui, semakin besar peluang untuk lulus.

3. Latihan soal JLPT

Anda harus sering berlatih di JLPT. Bisa di buku, di web atau juga soal-soal dari tahun sebelumnya untuk membiasakan diri dengan soal-soal JLPT nanti.

Kecepatan dalam mengerjakan JLPT juga menentukan lho. Karena waktunya tidak banyak, kita harus sering berlatih agar tempo pengerjaan soal lebih singkat dan akurat.

Gunakan buku latihan seperti dari soumatome, kanzen master, dll.

Selengkapnya: Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Jepang

4. Mempelajari grammar bahasa Jepang

Setelah kita mengetahui banyak kosakata, maka langkah selanjutnya adalah kata tersebut harus dirangkai agar memiliki makna yang lebih baik. Semakin banyak kita berlatih merangkai kalimat dengan pola bahasa, semakin cepat kita bisa dan lulus JLPT, bukan sekedar angan-angan.

Gunakan buku bahasa Jepang yang bagus untuk membuat belajar lebih menyenangkan dan terprogram dengan baik. Minna no nihongo adalah salah satu buku terbaik untuk belajar bahasa Jepang.

Selengkapnya: Buku Minna no Nihongo

Semoga dengan tips dan latihan ini, kita bisa melewati JLPT dengan hasil yang memuaskan. Amin.